3 Cara Melancarkan Haid

Menstruasi adalah salah satu hal tidak terhindarkan bagi wanita. Wanita yang sudah memasuki usia pubertas akan mengalami menstruasi. Salah satu gangguan dalam menstruasi yang sering terjadi adalah siklus tidak teratur. Siklus yang tidak teratur ini tentu wajar terjadi, tetapi hal ini menunjukkan bahwa ada yang salah dalam tubuh Anda.

Untuk itu, penting sekali untuk mengembalikan siklus yang tepat dan teratur. Berikut ini adalah 3 cara melancarkan haid:

  1. Mendapatkan Istirahat Yang Cukup

Tekanan ideologis dan aktivitas fisik dapat mengganggu siklus menstruasi normal sebelumnya. Menstruasi Anda mungkin akan tiba lebih awal atau terlambat dari biasanya. Ketika Anda sedang stres, Anda bahkan mungkin mengalami menstruasi dua kali sebulan atau tidak ada menstruasi sama sekali.

Cara paling efektif untuk meredakan stres mental dan fisik adalah dengan istirahat. Hentikan kebiasaan begadang, karena tidak akan membawa manfaat apapun bagi tubuh. Tidur yang cukup membantu merilekskan tubuh dan pikiran serta menjaga hormon yang mengatur menstruasi. Usahakan tidur 7 hingga 8 jam semalam.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan tidur lebih nyenyak. Pertama, redupkan atau matikan lampu satu jam sebelum tidur. Lalu, sesuaikan suhu ruangan agar tidak terlalu dingin atau terlalu panas. Ketika sudah waktunya tidur, Anda harus menjauhkan semua perangkat elektronik. Hal ini bisa membuat Anda tidak bisa tidur.

  1. Mengganti Baru Jenis Alat Kontrasepsi

Bagi Anda yang menggunakan alat kontrasepsi, maka Anda perlu berwaspada. Banyak wanita yang mengatakan bahwa mereka mengalami siklus menstruasi tidak teratur setelah menggunakan kontrasepsi implan, suntikan B atau kontrasepsi spiral. Bisa jadi, Anda mengalami siklus tidak teratur karena alat kontrasepsi.

Jika benar bahwa siklus Anda terganggu karena menggunakan kontrasepsi hormonal, maka Anda perlu untuk mengkonsultasikan hal ini ke dokter. Dokter mungkin akan menyarankan Anda untuk mengubah jenis alat kontrasepsi yang digunakan. Mungkin juga diperlukan beberapa kali percobaan untuk menemukan kontrasepsi yang efektif untuk Anda. Tentunya, semua alat kontrasepsi memiliki efeknya masing-masing. Tetapi, dokter bisa menyarankan Anda jenis kontrasepsi yang efeknya paling minimal.

  1. Melakukan Meditasi

Salah satu penyebab terjadinya masalah dalam siklus menstruasi adalah stress. Untuk bisa mengurangi stress, Anda bisa mencoba untuk melakukan meditasi. Meditasi adalah cara sederhana untuk membantu meningkatkan atau memperbaiki siklus menstruasi. Meditasi membantu mengurangi stres dengan menyeimbangkan kadar hormon dalam tubuh.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan meditasi. Yang pertama adalah menemukan tempat yang tenang untuk duduk di dalam atau di luar ruangan. Anda adalah orang yang paling mengenal diri sendiri. Tempat yang tenang biasanya adalah tempat tanpa orang dan Anda hanya sendirian disana. Tetapi, bila Anda bisa tenang di tempat yang terdapat orang juga diperbolehkan.

Kedua, duduk tegak di pangkuan Anda dengan tangan rileks. Tarik napas melalui hidung, lalu embuskan perlahan melalui mulut. Tenangkan pikiran Anda dengan berfokus pada suara pernapasan dan suara di sekitarnya. Cobalah bermeditasi sebelum tidur setiap pagi atau malam. Meditasi dapat membuat Anda tidur lebih nyenyak dan membuat Anda lebih energik di pagi hari.

Dengan melakukan 3 cara diatas, Anda bisa mendapatkan kembali siklus menstruasi yang teratur. Siklus yang teratur tentu bisa membuat Anda merasa lebih baik dan bugar. Anda juga bisa merasa lebih siap untuk menghadapi siklus berikutnya. Tertarik untuk mencoba melakukannya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *