4 Tips Merawat Power Window Mobil Agar Tidak Macet

Membeli mobil baru ketika ada promo terbaru mobil mitsubishi Jakarta pastinya membuat Anda senang dan bahagia. Namun, jangan sampai perasaan senang tersebut malah membuat Anda lupa dan mengabaikan perawatan-perawatan yang seharusnya dilakukan pada mobil. Salah satunya perawatan power window.

Seperti diketahui, power window sendiri merupakan sistem mekanik yang berfungsi untuk membuka dan menutup kaca jendela mobil. Jika komponen ini tidak dirawat, tentu saja akan mempercepat kerusakan dan membuatnya lebih gampang macet. Untuk mencegahnya, Anda bisa melakukan beberapa tips berikut:

  1. Periksa power window setiap 6 bulan sekali

Agar power window mobil tidak mudah macet, rutinlah selalu memerika komponen tersebut minimal setiap enam bulan sekali. Atau, jika Anda sering melalui jalanan yang berdebu disarankan untuk melakukan perawatan lebih sering karena jika debu tersebut masuk ke dalam mobil maka bisa mempercepat kerusakan power window.

Dengan melakukan pemeriksaan rutin, Anda tentu bisa mengetahui kondisi dari power window tersebut dan jika terjadi masalah Anda bisa melakukan perbaikan secepatnya.

  1. Bersihkan rel power window yang kotor

Jangan sampai lupa untuk membersihkan rel pada power window, terutama setelah Anda melakukan perjalanan jauh. Jika tidak membersihkannya, ditakutkan nanti malah bisa mengakibatkan kaca mobil tidak bisa bekerja secara maksimal karena sulit ketika dioperasikan secara elektris.

Ketika membersihkannya disarankan hanya menggunakan shampo mobil kualitas terbaik. Tujuannya supaya rel power window tetap terjaga keelastisitasan dan kelembapannya.

  1. Gunakan silicone spray saat membersihkan karet kaca (run glass)

Saat membersihkan karet kaca (run glass) pada power window sebaiknya gunakan silicone spray jangan menggunakan cairan penetran. Sebab, cairan tersebut justru dapat mengundang masuknya debu ke dalam karet kaca. Namun, berbeda dengan silicone spray, yang mana lebih netral dan bisa menghalau debu yang masuk.

Saat dibersihkan, Anda bisa menyemprotkan silicone spray sepanjang jalur karet kaca dan juga karet yang menempel pada bagian frame pintu mobil.

  1. Gunakan power window seperlunya saja

Untuk menjaga agar power window mobil tetap awet sebaiknya gunakanlah power window tersebut seperlunya saja. Dan jangan sampai terlalu sering menaikkan dan menurunkan komponen tersebut karena dapat mempercepat kerusakan dan macet.

Di samping itu, jika kaca mobil masih dalam kondisi basah, maka disarankan untuk tidak menarik ke bawah komponen tersebut karena akan membuat air basahan kaca mengendap di dalamnya. Tidak hanya itu, ketika melewati jalanan atau wilayah yang berdebu sebaiknya juga tidak menurunkan kaca terlalu sering karena debu tersebut bisa saja masuk ke dalam power window. Jika tidak bisa keluar, debu yang masuk tentu bisa menyebabkan power window macet.

Bagaimana? Sangat mudah sekali kan merawat power window mobil? Jadi, jangan sampai malas ya merawatnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *