8 Tips Sederhana Mencegah Penyakit Akibat Stres Berlebihan

Meski tidak berorientasi buruk, namun stres yang tidak terkendali dalam jangka panjang bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Mulai dari depresi, tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Stres juga bisa menyebabkan sakit kepala, hilangnya nafsu makan, nyeri otot, dan sulit berkonsentrasi.

Ini dia tips sederhana mencegah penyakit akibat stres berlebihan.

  1. Berolahraga

Selain menyehatkan tubuh, ternyata rutin berolahraga juga bisa mengendalikan stres. Salah satu cara sederhana yang bisa Anda lakukan adalah berjalan kaki atau bersepeda mengitari Kompleks rumah. Tak hanya itu saja, Anda juga bisa mencari tahu tentang beberapa tips olahraga ringan di rumah yang bisa dilakukan.

  1. Meditasi

Selain rutin berolahraga meditasi juga merupakan salah satu cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk membantu mengelola stres. Sudah bukan jadi rahasia lagi jika meditasi mampu membantu menenangkan pikiran. Anda juga bisa mencoba berbagai olahraga seperti yoga yang juga mengajarkan cara bermeditasi.

  1. Jalani Hobi yang Menyenangkan

Saat stres melanda coba pikirkan kegiatan apa saja yang Anda sukai. Apakah berbelanja menonton film memasak atau pergi ke taman bermain. Anda bisa melakukan apa saja untuk membantu membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks. Namun pastikan kegiatan tersebut merupakan hal yang positif agar tidak menimbulkan masalah baru.

  1. Sharing dengan Teman Terdekat

Memendam perasaan terlebih perasaan yang mengganggu dapat membuat Anda stres. Jadi ada baiknya utarakan semuanya agar Anda bisa melepas beban. Utarakan semua perasaan yang mengganjal kepada orang yang bersangkutan, orang yang Anda percaya atau psikolog. Percayalah setelah melakukan hal ini perasaan Anda pasti akan jauh lebih baik.

  1. Atur Pola Hidup Sehat

Selain beberapa hal di atas cara mengelola stres selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengatur pola hidup sehat. Salah satunya adalah tidur dengan cukup dan senantiasa mengonsumsi makanan sehat dan bergizi. Hindari merokok mengonsumsi minuman beralkohol dan obat-obatan terlarang.

  1. Minum Jus Jeruk yang Dingin

Tak hanya sehat dan menyegarkan, namun minuman yang satu ini juga bisa membantu Anda agar lebih tenang dan fokus kembali. Jeruk kaya akan kandungan vitamin C. Secara fisiologis kandungan yang satu ini mampu mengurangi stres dengan menurunkan kadar hormon stres. Vitamin C juga mampu mengurangi kerusakan yang disebabkan karena stres oksidatif.

  1. Pijat

Ternyata stres juga bisa membuat otot tubuh menjadi nyeri dan pegal. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi dampak negatif dari stres adalah melakukan pijat refleksi. Meski belum dilakukan penelitian secara mendalam, namun cara yang satu ini sudah banyak diterapkan dan sudah banyak pula yang merasakan efeknya.

  1. Menarik Nafas Dalam-dalam

Menarik nafas dalam-dalam memang sudah terbukti mampu membantu menurunkan kadar kolesterol sekaligus mengurangi stres dan kecemasan. Untuk memulainya Anda bisa coba duduk tenang di tempat yang sepi dan nyaman. Setelah itu tutup mata kemudian ambil nafas melalui hidung.

Namun jika nafas panjang justru semakin memicu kecemasan, jangan memaksakan diri untuk melakukan hal ini. Hal terpenting yang bisa dilakukan adalah panjangkan hembusan nafas keluar dan tarik nafas Anda. Atur waktu dan bernafas dengan cara ini selama 5 menit agar bisa melihat perbedaan dalam suasana hati Anda.

Jika tahu cara menghilangkan stres maka Anda bisa mengontrol stres dan tidak akan berdampak negatif bagi tubuh. Di atas merupakan beberapa cara sederhana mencegah penyakit akibat stres berlebihan. Jangan lupa untuk mengatur pola makan dan pola hidup sehat. Anda juga bisa mengatur waktu dengan baik agar aktivitas yang padat tidak akan membuat stres.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *