Cara Mengetahui Dan Menghindari Keylogger Di Komputer

Cara Mengetahui Dan Menghindari Keylogger Di Komputer – Keylogger ialah sebuah kegiatan yang dipakai untuk merekam semua aktifitas pementingan tombol keyboard (Keystroke Logging). Keylogger sanggup dipakai untuk kebaikan menyerupai mengawasi kegiatan komputer anak atau memantau produktivitas karyawan, dan untuk kejahatan menyerupai pencurian data-data penting atau user name dan password. Keylogger sanggup berupa hardware yaitu sebuah alat yang biasanya dipasang di ujung kabel keyboard, dan berupa software yaitu sebuah kegiatan yang terpasang didalam komputer dan bekerja secara tersembunyi.
Untuk mengatasi keylogger yang dipakai untuk kejahatan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab menyerupai mencuri password email, password social media, dan lain sebagainya, berikut ini beberapa hal yang sanggup Anda lakukan :
Mengetahui Keylogger
– Bila Anda memakai komputer di warnet, sebaiknya perhatikan ujung kabel keyboard yang terhubung ke CPU, apakah ada soket pelengkap atau tidak. Jika terdapat soket pelengkap atau colokan hitam di CPU yang dipakai untuk sambungan kabel keyboard, kemungkinan itu ialah keylogger berupa hardware yang sengaja dipasang. Cabut soket atau colokan tersebut.
– Tekan Ctrl+Alt+Del, kemudian klik “Start Task Manager”, atau klik kanan pada Taskbar, kemudian klik “Start Task Manager”. Pada jendela Task Manager, pilih “Processes”. Perhatikan, apakah ada keylogger, kalau ada keylogger, pilih keylogger kemudian klik “End Process”.
– Tekan Ctrl+Shift+Alt+F8. Jika ada keylogger, maka akan muncul windows baru. Selanjutnya, silahkan tutup aplikasi keylogger yang ada.
Menghindari Keylogger
– Gunakan On-Screen Keyboard
Untuk menghindari perekaman yang dilakukan oleh keylogger, sebaiknya Anda selalu memakai On-Screen Keyboard atau keyboard visual pada ketika Anda mengetikan sebuah password atau data penting lainnya. Berikut ini cara menampilkan On-Screen Keyboard :
Klik Start > All Program > Accessories > Ease of Access > On-Screen Keyboard
– Gunakan Huruf Acak Saat Mengetik Password
Jika Anda ingin mengetikan password email atau password penting lainnya, sebaiknya terlebih dahulu Anda mengetikan karakter atau angka secara acak. Misalnya password Anda “burung”, maka tuliskan password Anda menyerupai berikut : a123bub456ruc789ng. Setelah menuliskan password tersebut, langkah selanjutnya memblok angka a123 kemudian tekan tombol Delete, blok angka b456 kemudian tekan tombol Delete, blok angka c789 kemudian tekan tombol delete, sehingga yang tersisa hanya goresan pena “burung”, yang merupakan password Anda.
– Gunakan Keylogger Beater Untuk Mozilla Firefox
Jika Anda selalu memakai Mozilla Firefox untuk aktifitas online Anda, maka sebaiknya Anda memasang add-on “Keylogger Beater” untuk mengantisipasi adanya keylogger. Keylogger Beater berfungsi untuk mengacak data-data yang diterima keylogger, contohnya Anda menekan tombol A pada keyboard Anda, maka yang terkirim ke keylogger ialah Z. Orang yang telah memasang keylogger pada komputer Anda hanya akan mendapatkan data yang sudah diacak. Berikut ini cara memasang add-on “Keylogger Beater” di Firefox :
– Kunjungi : https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/keylogger-beater/
– Klik “+Add to Firefox”, kemudian “Install”, muat ulang Firefox dan selesai.
Demikian Cara Mengetahui Dan Menghindari Keylogger Di Komputer yang sanggup Anda lakukan. Lindungi komputer Anda dengan anti virus yang selalu update. Semoga bermanfaat.