Cara Merawat Kampas Rem Motor Biar Lebih Awet

Cara Merawat Kampas Rem Motor Agar Lebih Awet – Rem yang ada pada kendaraan bermotor merupakan salah satu cuilan terpenting yang harus ada. Fungsi rem itu sendiri yakni untuk menghentikan putaran roda sehingga kendaraan berhenti melaju. Sebagai salah satu cuilan terpenting bagi kendaraan, maka rem sangat memerlukan perhatian khusus biar selalu berfungsi dengan baik, terutama pada cuilan kampas rem yang memberi cengkraman pada disck brake atau tromol sehingga menghentikan putaran roda. 
Kampas rem pada motor tentunya tidak sanggup digunakan selamanya, ada saatnya dimana Anda harus menggantinya dengan yang baru, terutama kalau kondisi kampas rem sudah tipis. Namun demikian, kalau kampas rem dirawat dengan baik, maka usia pemakaiannya akan menjadi lebih lama, dan Anda tidak terlalu sering menggantinya dengan yang baru. Berikut ini cara merawat kampas rem biar tahan lama yang sanggup Anda lakukan :
1. Selalu mengusut kondisi dan posisi tromol, terutama pada cuilan penampung dudukan cakram. Pastikan penampung cakram dalam keadaan higienis dan permukaan dudukan cakram rata sehingga piringan cakram berputar secara simetris dan beban kampas rem tidak terlalu berat, dengan begitu kampas rem tidak cepat tipis
2. Menjaga kebersihan kaliper dan pin fleksibelnya akan menciptakan tekanan yang diberikan kampas rem sama rata pada kedua kampas rem (kanan dan kiri). Atur jarak piringan dan kampas rem biar tidak saling menyentuh, sehingga tidak selalu terjadi ukiran yang mengakibatkan kampas rem cepat tipis.
3. Memberi perhatian khusus pada bearing roda dengan memperlihatkan pelumas secara terencana untuk menghindari speling pada bearing yang sanggup mengakibatkan piringan cakram bersentuhan dengan kampas rem, yang tentunya sanggup menciptakan kampas rem cepat tipis.
4. Perhatikan selalu kebutuhan oli rem cakram atau minyak rem, alasannya yakni oli rem akan mensugesti kinerja rem cakram. Kurangnya oli rem akan menciptakan pengereman tidak berjalan sempurna, sehingga sanggup menambah panas ukiran pada kampas rem.
5. Penggunaan rem yang tepat ibarat tidak sering melaksanakan pengereman secara mendadak, akan mengurangi beban ukiran kampas rem. Selalu menjaga jarak dengan kendaraan yang berada didepan, sanggup membantu mengurangi penggunaan rem yang terlalu sering.
Itulah Cara Merawat Kampas Rem Motor Agar Lebih Awet yang sanggup Anda lakukan. Kampas rem yang sudah tipis sanggup mengakibatkan rem pada motor Anda tidak berfungsi dengan baik, sehingga sanggup membahayakan Anda sendiri dan orang lain. Semoga bermanfaat.