Haruskah Kita Membeli Toyota Fortuner Dengan Promo atau Versi Bekasnya?

Toyota Fortuner sudah menjadi salah satu segmen SUV terpopuler di Indonesia. Setelah perusahaan kawak asal Jepang ini mengeluarkan versi facelift beberapa waktu lalu, para konsumen dihadapkan pada 2 pilihan berat dalam hidupnya. Apakah harus membeli produk baru dengan menggunakan promo Fortuner atau varian lama yang harganya lebih terjangkau lagi.

Harga tentu menjadi faktor utama bagi konsumen untuk menentukan pilihannya. Mengingat terdapat perbedaannya cukup mencolok meski sudah dipotong dengan diskon dan promo Fortuner terbaru sekalipun. Biasanya, Fortuner bekas dipasarkan dengan selisih antara Rp 50 sampai Rp 200 juta dengan versi terbarunya. Bergantung pada trim level dan tahun sebenarnya.

Fortuner Baru Murah Vs. Bekas

Dalam kesempatan ini, seri Fortuner yang akan diadu adalah trim level VRZ TRD Sportivo dan VRZ. pasalnya keduanya adalah seri yang paling banyak muncul di laman jual-beli daring. Memang mungkin tak terasa banyaknya perbedaan yang terselip diantara keduanya. Terlebih dari segi wujudnya. Namun jika dipelajari lebih jauh, transformasi keduanya bukan sekadar revisi badan mobil.

Sebagai contoh saja dalam hal fitur keamanan. Baik Fortuner TRD Sportivo ataupun VRZ lawas dipasarkan dengan dual SRS airbag dan 1 kantong udara mulut untuk area pengemudi. Memang mobil ini dilengkapi dengan corner sensor di depan dan belakang, namun rasanya hal tersebut tidak memberikan dampak besar dalam hal keselamatan penumpang.

Bertabur Fitur

Toyota Fortuner baru memiliki serangkaian komputasi canggih guna menghindari potensi kecelakaan jalan raya. Mulai dari Hill Start Assist (HSA), Emergency Brake Signal, Vehicle Stability Control (VSC), A-Traction Control, hingga Trailer Sway Control, yang sudah dipasangkan dalam seri G sampai seri yang tertinggi.

Ditambah pula dengan fitur cruise control, power back door, electric seat, akses kunci pintar, push stop/start button, dan mode ECO/Power. Khusus untuk seri TRD Sportivo keluaran 2019, sudah mulai dipasangi sensor pembaca gerak kaki yang bisa dimanfaatkan untuk membuka garasi. Sementara untuk versi VRZ terbarunya, Fortuner menyematkan fasilitas kepraktisan.

Dari segi kenyamanan penumpang, Toyota meningkatkan pengalaman mereka dalam menaiki mobil dengan memasang fasilitas hiburan yang bisa diupgrade. Dalam seri lamanya, layar sentuh 9 inch memang cukup lengkap hingga memungkinkan pengendara untuk membuat panggilan telepon dan lainnya. Namun kini, fitur itu memperoleh tambahan fungsi.

Selain memiliki konektivitas smartphone seperti Android Auto, Fortuner terbaru digawani dengan sensor NFC untuk membaca sisa saldo dari kartu elektronik. Tentu fitur ini sangatlah membantu, terutama bagi konsumen yang kerap bermobilitas melalui tol untuk komutasi hariannya.

Penyempurnaan pun dilakukan Fortuner dengan menambahkan fitur pengisian daya smartphone tanpa kabel, blind spot detection, moving object detection, headway monitoring warning, lane departure warning, juga monitor yang selalu bisa menampilkan situasi di sekeliling mobil saat melaju.

Mesin Tak Berubah

Jika Anda menelusuri bagian kabin, akan ada banyak perbedaan diantara mobil Toyota dengan promo Fortuner Jakarta dan bekasnya.

Dalam versi barunya, kluster mempunyai desain yang lebih atraktif dengan beberapa data yang disajikan secara lengkap, mulai dari fundamental sampai informasi tambahan. Bahkan arah kemudi saat ban berbelok pun akan direkam agar pengemudi bisa mengetahui secara pasti jikalau kemudinya belum luruh sepenuhnya.

Untuk bagian luarnya, Fortuner seri terbaru mengalami beberapa revisi pada desain grille, bumper, dan lampu depannya.

Sedangkan dalam bidang dapur pacu, baik seri lama ataupun barunya tidak mengalami perubahan apapun. Toyota merasa mesin 2GD-FTV VNT 2.4-liter masih cukup relevan. Mengingat kemampuannya yang memang sanggup menerjemahkan daya 149 PS dan torsi 400 Nm.

Dari rangkaian pengamatan diatas, bisa disimpulkan, akan lebih baik bagi Anda yang hendak membeli Fortuner bekas untuk mengambil unit yang dijajakan dengan harga Rp 300 jutaan. Dimana itu biasanya merupakan mobil Toyota keluaran 2016-2018. Kalau masih berumur terlalu muda, rasanya sangat tanggung.

Semisal saja Anda memiliki dana Rp 450 jutaan lebih, akan lebih baik jika membeli mobil Toyota generasi baru dengan promo Fortuner Jakarta. Walau jika itu seri G sekalipun. Bukan hanya karena wajahnya yang masih mulus dan terkesan baru, namun juga fitur keamanan yang lebih lengkap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *