Lakukan Hal-Hal Ini untuk Berhenti Merokok

Bagi perokok aktif, kealpaan sebatang rokok dalam satu hari dapat menyulitkan hidupnya. Hal ini bisa dibilang merupakan efek samping nikotin di dalamnya yang dapat membuat seseorang kecanduan dan merasa tidak nyaman bila tidak menghisap rokok. Padahal, perokok tersebut pasti tahu bahwa rokok tidak baik baginya maupun orang lain. Tak hanya itu, kebiasaan merokok juga bisa menyulitkan seseorang untuk mendapatkan asuransi kesehatan indonesia, jika status kesehatannya sudah parah sewaktu medical check-up dilakukan. Untuk itu, yuk simak tips berhenti merokok berikut agar hidup lebih sehat dan terjamin di hari tua!

  1. Mengelola stres

Stres biasanya jadi salah satu faktor yang membuat seseorang mulai merokok. Sebab, rokok dapat memberikan sensasi rileks bagi penggunanya. Namun, jika terus mengikuti cara yang mudah dan berbahaya, rokok tentunya dapat memberikan dampak yang tidak baik bagi tubuh Anda. Jika Anda merasa stres, cobalah beberapa cara lain untuk meredakannya, seperti mendengarkan musik, pijat, atau yoga. Selain itu, di awal masa percobaan untuk berhenti merokok, sebisa mungkin hindari situasi yang mendatangkan stres.

  1. Hindari pemicu

Jika Anda sedang dalam program berhenti merokok, alangkah baiknya Anda menghindari faktor yang biasanya dapat memebuat Anda kembali merokok. Beberapa contohnya adalah berkumpul bersama orang-orang yang merokok, minum kopi, atau minum-minuman keras. Jika Anda memiliki kebiasaan untuk merokok setelah makan, maka carilah jalan alternatif lainnya seperti mengunyah permen atau menggosok gigi.

  1. Terapi penggantian nikotin (Nicotine-Replacement Therapy/NRT)

Terapi penggantian nikotin dapat membantu meringankan rasa frustrasi atau gejala putus obat. NRT sebagai salah satu cara berhenti merokok bekerja dengan melepaskan nikotin dalam kadar rendah secara terus-menerus ke pembuluh darah. Prosedur ini membantu mengurangi hasrat tubuh untuk kembali merokok saat tubuh mulai merasakan hilangnya asupan nikotin. Media NRT sendiri cukup beragam, seperti permen karet, plester yang ditempelkan pada kulit, obat berupa tablet, ataupun bisa berupa cairan yang disemprotkan ke mulut atau hidung.

  1. Olahraga

Olahraga dapat membantu mengurangi dan mengalihkan hasrat akan kecanduan nikotin. Begitu ingin merokok, langsung alihkanlah keinginan Anda dengan berolahraga apa pun itu jenisnya. Akan lebih baik lagi bila Anda bergabung ke dalam klub kebugaran sehingga memiliki jadwal rutin dan dikelilingi oleh orang-orang sehat yang dapat membantu.

Nah, itu dia beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk berhenti merokok. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *