Pentingnya Memiliki Asuransi Disabilitas dan Jenis-jenisnya

Dari sekian banyak produk asuransi yang tersedia, asuransi disabilitas memang tidak begitu banyak dibahas dan dianggap kurang dibutuhkan. Padahal, asuransi satu ini sangat penting untuk dimiliki karena memberikan perlindungan pada seseorang dari terjadinya sebuah risiko. Di mana, risiko tersebut membuat seseorang mengalami kecacatan atau menjadi penyandang difabel.

Biasanya, orang-orang yang membutuhkan asuransi disabilitas ini adalah mereka yang bekerja dengan tingkat risiko yang tinggi. Jika suatu hari pemegang polis mendapati kejadian yang membuat dirinya mengalami kecacatan, maka orang tersebut akan mendapatkan uang pertanggungan untuk perlindungan terhadap finansialnya.

Nah, ada beberapa jenis asuransi disabilitas yang bisa dipilih, di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Asuransi Disabilitas Individual

Asuransi ini diperuntukkan untuk pekerja yang di tempat bekerjanya tidak memberikan asuransi kecelakaan kerja atau orang yang bekerja secara mandiri dan ingin mendapatkan perlindungan disabilitas. Ketentuan dan manfaat yang diberikan oleh asuransi disabilitas ini biasanya bervariasi tergantung pada perusahaan, pekerjaan, wilayah, dan negaranya.

  1. Asuransi Disabilitas Limit Tinggi

Keberadaan asuransi disabilitas limit tinggi ini adalah untuk menjaga manfaat yang diperoleh penyandang disabilitas tetap dari 65% pendapatannya. Asuransi ini pada umumnya diberikan untuk tambahan dari asuransi standar.

Setiap bulannya, nasabah asuransi bisa mendapatkan pertanggungan sekitar $2.000 hingga $100.000. Sedangkan, untuk polis tunggal dan partisipan mengalami kenaikan menjadi $30.000 untuk beberapa rumah sakit.

  1. Asuransi Disabilitas Biaya Overhead Bisnis

Asuransi jenis ini memberikan biaya ganti rugi terhadap bisnis dari overhead yang nantinya dialami oleh pemilik asuransi ketika dirinya menjadi penyandang disabilitas.

Untuk manfaat yang bisa didapatkan berupa pembayaran sewa ataupun gadai, biaya leasing, peralatan, biaya akunting dan layanan, biaya maintenance, gaji pegawai, premi asuransi bisnis, pajak properti, manfaat untuk pekerja, serta biaya-biaya bulanan yang lain.

  1. Program Asuransi Sosial Nasional

Jenis asuransi disabilitas yang terakhir adalah program asuransi sosial nasional. Diketahui bahwa, untuk beberapa negara maju biasanya menyediakan asuransi disabilitas tunggal untuk seluruh rakyatnya. Asuransi tersebut sangatlah membantu orang-orang yang tidak memiliki asuransi atau asuransinya masih tergolong kurang.

Dengan begitu, kepemilikan asuransi disabilitas tidaklah bisa dikesampingkan begitu saja. Hal ini sama pentingnya dengan produk asuransi lain dalam upaya memberikan perlindungan pada Anda saat sedang bekerja yang bisa saja mengalami suatu kecelakaan kerja dan berdampak pada kecacatan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *