Tune Up di Rumah untuk Membuat Performa Mobil Tetap Prima

Beberapa pemilik mobil yang membeli asuransi kendaraan kadang mengabaikan pemeliharaan mobil mereka karena mengira kendaraannya sudah terlindungi dengan baik. Anggapan ini justru akan membuat performa mobil menurun dan mudah rusak, terutama tanpa perawatan memadai.

Jika Anda sibuk atau bengkel langganan terlalu jauh, pemeliharaan seperti tune up sebenarnya bisa dilakukan sendiri di rumah. Dengan menyiapkan peralatan yang tepat Anda tentu bisa melakukan tune up pada setiap komponen kendaraan, beberapa di antaranya seperti:

  • Mengecek busi dan distributor

Perbaikan pada komponen-komponen ini harus Anda lakukan secara berurutan supaya lebih efisien. Misalnya, periksa tutup busi beserta kabelnya saat mesin sedang dihidupkan. Kemudian, cek elektroda pada busi, jika ada bagian yang kotor Anda bisa langsung membersihkannya. Selanjutnya, setel ulang sesuai dengan standar pabrik guna mengetahui apakah perbaikan yang dilakukan dapat mencegah munculnya bunga api listrik.

  • Membersihkan filter udara

Komponen lainnya yang harus dibersihkan secara rutin adalah filter udara. Bagian ini lebih mudah dibongkar dan cepat dingin, sehingga tak ada alasan bagi Anda untuk melewatkannya. Untuk mengangkat kotoran yang terjebak di filter udara, cuci memakai air sabun kemudian keringkan sampai tak ada residu yang menempel. Jika filter udara kendaraan Anda dilengkapi dengan kertas pelumas, maka sebaiknya ganti kertas tersebut dengan yang baru.

  • Memeriksa kondisi dan performa aki

Jangan sampai lupa untuk memeriksa aki (accu) kendaraan Anda saat melakukan tune up. Biasanya, mobil dengan aki kering cenderung lebih mudah dirawat dibanding aki basah karena itulah Anda hanya perlu memastikan air di dalam aki kering tak menyentuh batas terendah dan jangan lupa membersihkan kutubnya dengan air hangat. Amplas juga bagian aki yang berkarat sampai bersih. Dengan begitu, arus listrik pada aki dapat mengalir dengan baik dan berdampak baik pada performa mobil.

  • Mengecek Positive Crank Case Ventilation (PCV)

Positive Crank Case Ventilation (PCV) merupakan sistem ventilasi yang terdapat di ruang engkol kendaraan. Uap bensin yang masuk ke ruangan tersebut akan dialirkan ke ruang bakar mesin lewat selang yang menghubungkan ruang engkol dengan intake manifold. Nah, pada saat melakukan tune up pada PCV, Anda perlu memeriksa performa katup PCV tersebut beserta kerapatan selang-selangnya. Ganti katup PCV dengan yang baru jika terlanjur rusak.

  • Membersihkan bagian intake manifold

Terakhir, bersihkan pula komponen intake manifold. Caranya? Buka terlebih dahulu komponen intake manifold, kemudian periksa apakah ada kotoran dalam throttle yang perlu dibersihkan. Jika ada kotoran, gunakan cairan kimia khusus untuk membersihkannya agar tak merusak catalytic converter. Lakukan langkah tersebut dengan menyalakan mesin dalam kecepatan 2.500 rpm. Melakukan cara ini dapat membersihkan klep intake dan ruang bakar sekaligus.

Selamat melakukan tune up pada kendaraan Anda guna menjaga performanya supaya tetap prima, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *